Kampus Keren Virtual ANTV 2020 "Strategi Pertelevisian di Era Transformasi Digital"

 




Di Pandemi saat ini pertelevisian.

ANTV menggelar kegiatan tahunan yaitu Kampus Keren. Kegiatan yang digelar sejak tahun 2015 ini merupakan ajang inisiatif berbagi inspirasi bagi mahasiswa dan juga pengembangan inisiatif  Pendidikan yang menyasar pada anak muda maupun mahasiswa di berbagai kota guna mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan siap menghadapi tantangan industri di era digitalisaasi. Tetapi adanya era pandemic saat ini, kegiatan tersebut tetap melanjutkan dan di alihkan dari kekampus-kampus menjadi melalui Virtual. guna mencegah virus covid-19.

saat covid-19 masuk ke Indonesia, semua kegiatan dari perusahaan harus di rumahkan, dan ada yang tidak di rumahkan. Saat dirumahkan para pekerja kesulitan untuk mencari sumber kehidupan agar tetap berlanjut. Saat ini obat obatan dan alat kesehatan menjadi paling laris saat pandemi saat ini seperti obat vitamin, hand sanitzer, semprotan disinfectan.

Saat sejak di rumahkan menonton TV salah satu menjadi utama di rmh dan sosial media,

Untuk persentasenya sebagai berikut:

98% Untuk terlibat dengan berbagai media.

83% Menonton tv.

69% Mengakses sosial media.

31% Menonton film online.

21% Bermain game online.

14% Mendengarkan music,radio,podcast dari berbagai platform online.

11% Mendengarkan radio.

Penonton TV naik secara signifikan di akhir maret terutama yang khalangan anak-anak dan remaja, Bila dirinci pada program televisi, berita menjadi program yang mengalami peningkatan paling tinggi. Penonton program berita naik sebanyak 25 persen dengan mayoritas penonton berasal dari kelas atas.

Sejak masa physical distancing serta work from home, penonton televisi lebih banyak menyaksikan program serial dan berita. Selama Ramadan, penonton juga banyak menyaksikan program hiburan, religi, dan edukasi.

Kenaikan juga terjadi pada program anak-anak dan serial. Program anak untuk usia 5-9 tahun, melonjak dari rata-rata rating 12 persen pada 11 Maret menjadi 15.8 persen pada tanggal 18 Maret.dan untuk Program ratting TVnya juga naik signifikan yaitu dlunya informasi melalui tv, sekarang menurun karena di gantikan oleh media sosial dan saat ini naik adalah sinetron,film dan berita. Selain menonton TV, video steaming dan game online juga ikut naik. Dikarenakan banyak anak muda di rumahkan.

Kelompok penonton dari Kelas Atas (Upper Class) juga memiliki kecenderungan lebih lama menonton televisi sejak 14 Maret 2020 dan jumlahnya terus meningkat. Peningkatan ini terlihat dari rata-rata rating 11,2 persen di tanggal 11 Maret menjadi 13,7 persen di tanggal 18 Maret.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PT Jasa Marga tindak tegas truk ODOL Menjelang libur akhir tahun, di Jalan Tol

ITC Cipulir Mas sepi pengunjung akibat pandemi corona